27 Sep 2018

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen tetap Program Studi DKV STDI yaitu Aries Setiawan Satrio Nugroho,S.Sn., M.Ds.

Pelatihan menggambar bagi guru guru di Yayasan Karunia Imanuel Lampung dilaksanakan selama tiga hari terhitung sejak hari Selasa, 25 s/d 27 September 2018. Materi yang diberikan mengenai bagaimana menggambar mudah dan menyenangkan. Dengan memahami prinsip serta karakteristik gambar dan proses anak-anak dalam menggambar, cara menggambar dengan mudah dan menyenangkan bagi anak-anak bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Dalam pelatihan ini, para peserta dilatih untuk menggambar sebuah objek dengan membuat angka sebagai titik awal proses menggambar. Sebagai contoh, dari angka 1 seorang siswa bisa menggambar objek seekor kuda dengan menggunakan bentuk garis yang sederhana (lampiran). Dengan dimulai dari angka 2 siswa bisa membuat seekor kelinci dan dari angka-angka berikutnya siswa mampu membuat gambar-gambar binatang seperti kupu-kupu, badak, dan sebagainya.

Siswa memiliki karakteristik menggambar yang unik, karena setiap siswa memiliki kecenderungan ketertarikan terhadap objek yang berbeda. Seorang siswa yang lahir dari lingkungan keluarga yang tinggal di daerah persawahan akan memiliki pemahaman terhadap gambar yang berbeda dari siswa yang lahir di lingkungan keluarga yang tinggal di daerah pesisir pantai. Karena itulah dalam pelatihan ini para peserta diajak untuk memahami prinsip bahwa guru gambar sebagai tutor gambar objek utama. Apabila objek utama sudah diajarkan dan siswa mampu menyelesaikannya, maka gambar lainnya dari halaman gambar yang sama diserahkan kepada siswa sendiri.

Dari pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu bukan hanya untuk menggambar, namun juga memahami karakteristik anak-anak dalam menggambar. Apabila siswa sudah selesai menggambar objek utama yang diajarkan maka itu cukup, untuk menggambar lingkungan lainnya dalam gambar itu diserahkan kepada kreativitas siswa agar menggambar menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan dan bukan menjadi beban.

Related News