top of page
Gambar penulisstdibandung

KAMPANYE KEPEDULIAN TERHADAPPENDERITA SHOPAHOLIC MELALUIRANCANGAN ARTWEAR

Indah Damaiyanti Panggabean

Desain Komunikasi Visual Peminatan Desain Komunikasi Fashion,

Sekolah Tinggi Desain Indonesia

Jl. Wastukencana No.52, Tamansari, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40116,

Indonesia email: indahdamaiyanti30@gmail.com




Abstract

Panggabean, Indah Damaiyanti. 2022. A Campaign of Concern for Shopaholic

Sufferers Through Artwear designs. Fashion Communication Design.

Shopaholic is a mental health problem listed in the compulsive buying disorders

(CBD). A shopaholic sufferer often impulses shopaholic by buying items that are

not needed because of the emotional instability they have, resulting in mood swings

and also suffering from excessive depression and anxiety. But the problem is that

social shopaholic is viewed as addicted and have a consensual lifestyle and society

have a negative understanding or stigma about shopaholics. Because of these

problems, efforts are necessary to inform and give understand that a shopaholic is

a mental disorder. Through artwears designs as a potential campaign medium to

arouse concern for shopaholic sufferers. The design involves qualitative and

interpretive research methods, in which the artwear clothing visuals interpretation

of the features and characteristics of shopaholics through the application of burning

textile, layering, and macrame.

In conclusion, to campaign for this design, it is necessary to make a maximum post

production through a video campaign that contains an understanding and

description of how shopaholics can have an impact on the sufferer and also creates

an exhibition that displays artwear clothing as a visualization of shopaholic

characteristics equipped with a qr code containing website articles. a more detailed

understanding of shopaholics and also social media posts that invite people to

recognize what a shopaholic really is. Through this post production, the message

to be conveyed by this design can be conveyed properly to the community.

Keywords: Artwear, campaign, shopaholic


Abstrak

Panggabean, Indah Damaiyanti. 2022. Kampanye kepedulian terhadap penderita

shopaholic melalui rancangan artwear. Desain Komunikasi Fashion.

Shopaholic merupakan permasalahan kesehatan mental yang masuk dalam kategori

compulsive buying disorders (CBD). Seorang penderita shopaholic sering

berbelanja secara impulsif dengan membeli barang yang tidak dibutuhkan

disebabkan ketidakstabilan emosi yang mereka miliki sehingga mereka mengalami

perubahan suasana hati dan juga menderita depresi dan kecemasan yang berlebihan.

Namun yang menjadi permasalahannya bahwa secara sosial shopaholic dipandang

sebagai suatu kecanduan dan gaya hidup yang konsumtif, sehingga masyarakat

memiliki pemahaman atau stigma yang negatif mengenai shopaholic.

Dengan adanya permasalahan ini, diperlukan adanya upaya untuk

menginformasikan dan memberikan pemahaman bahwa shopaholic merupakan

gangguan kesehatan mental. Melalui rancangan artwear sebagai media kampanye

yang berpotensi untuk menimbulkan kepedulian terhadap penderita shopaholic.

Rancangan ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan interpretatif, di

mana busana artwear tersebut memvisualisasikan interpretasi dari ciri-ciri dan

karaketristik shopaholic melalui penerapan teknik burning textile, layering dan juga

macrame.

Kesimpulannya untuk mengkampanyekan rancangan ini diperlukan pembuatan

post production yang maksimal melalui video campaign yang berisikan

pemahaman dan gambaran mengenai bagaimana shopaholic dapat berdampak

kepada si penderitanya dan juga membuat sebuah pameran yang memajangkan

busana artwear sebagai visualisasi dari ciri-ciri shopaholic yang dilengkapi qr code

berisi website artikel pemahaman lebih detail mengenai shopaholic dan juga

posting-an sosial media yang mengajak masyarakat untuk mengenali apa itu

shopaholic yang sebenarnya. Melalui post production ini, pesan yang ingin

disampaikan oleh rancangan ini dapat tersampaikan dengan baik kepada masyrakat.

Kata kunci: Artwear, kampanye, shopaholic


33 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page