top of page
Gambar penulisstdibandung

PERANCANGAN UI/UX APLIKASI SELULER "LOKATU"SEBAGAI ALAT BANTU PENGGUNA UNTUK MEMULAIPOLA MAKAN NABATI

Joshua Pradipta


Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Desain Indonesia, Bandung





PERANCANGAN UI/UX APLIKASI SELULER "LOKATU" SEBAGAI ALAT BANTU PENGGUNA UNTUK MEMULAI  POLA MAKAN NABATI Joshua Pradipta  Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Desain Indonesia, Bandung
PERANCANGAN UI/UX APLIKASI SELULER "LOKATU" SEBAGAI ALAT BANTU PENGGUNA UNTUK MEMULAI POLA MAKAN NABATI Joshua Pradipta Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Desain Indonesia, Bandung



ABSTRAK


Ketertarikan dan minat masyarakat terhadap pola makan nabati terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Banyak orang yang sedang berusaha dan mencoba untuk beralih ke pola makan nabati, namun masih mengalami kesulitan ketika melakukan transisi karena belum banyak sumber untuk mencari resep masakan nabati berbasis lokal, terlebih lagi dalam bentuk aplikasi pada gawai yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat masa kini sebagai pengguna smartphone. Tujuan dari perancangan ini adalah menyediakan platform untuk memfasilitasi seseorang yang sedang berusaha memulai pola makan nabati melalui aplikasi seluler, serta memudahkan mereka dalam berbagi resep masakan nabati berbasis lokal dan memberi dorongan motivasi melalui keterlibatan komunitas pengguna yang memiliki kesamaan tujuan. Hasil yang diperoleh dari perancangan ini adalah prototype UI/UX tantangan masak dengan fitur berbagi-pakai resep melalui pendekatan user-generated content dan gamifikasi.



PERANCANGAN UI/UX APLIKASI SELULER "LOKATU" SEBAGAI ALAT BANTU PENGGUNA UNTUK MEMULAI  POLA MAKAN NABATI Joshua Pradipta  Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Desain Indonesia, Bandung
PERANCANGAN UI/UX APLIKASI SELULER "LOKATU" SEBAGAI ALAT BANTU PENGGUNA UNTUK MEMULAI POLA MAKAN NABATI Joshua Pradipta Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Desain Indonesia, Bandung

Kata kunci: mobile app, plant-based, tantangan memasak, resep masakan nabati Indonesia,

gamifikasi, user-generated content

ABSTRACT


The interest in plant-based diets continues to increase over the years. Many people are trying and trying to switch to a plant-based diet, but still experience difficulties when making the transition because there are not many sources to find local-based plant-based cooking recipes, especially in the form of applications on devices that suit the lifestyle of today's people as smartphone users. The purpose of this design is to provide a platform to facilitate someone who is trying to start a plant-based diet through a mobile app, as well as make it easier for them to share local plant-based cooking recipes and provide motivation through the involvement of a community of users who have similar goals. The result obtained from this design is a prototype of UI/UX cooking challenge with a recipe sharing feature through a user-generated content and gamification approach.

Keywords: mobile app, plant-based, cooking challenge, Indonesian plant-based recipes,

gamification, user-generated content

1 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page